Friday, December 6, 2013

Trik Jitu Makan Sedikit Tapi Perut Kenyang


Foto : thinkstock/http://images.detik.com/content/2013/12/04/1410/100140_makandietts.jpg


Jakarta - Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan menurunkan porsi makan dan memperbanyak olahraga. Masalahnya, tidak semua orang tahan dengan rasa lapar yang ditimbulkan, sehingga program diet sering gagal.

Tapi tak perlu khawatir, beberapa cara dapat membuat Anda makan dengan porsi lebih sedikit namu perut tetap kenyang, seperti dilansir Livestrong, Selasa (3/12/2013):

1. Makan perlahan

Ketika Anda makan perlahan, otak akan mengirimkan sinyal yang membuat Anda merasa lebih kenyang, sehingga mengurangi porsi makan. Mengetahui kapan harus berhenti makan membantu Anda menurunkan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan.

Otak membutuhkan waktu 20 menit menyadari bahwa perut sudah kenyang. Jadi tidak peduli apa yang Anda makan, pastikan makan perlahan dan kunyah dengan benar untuk memperpanjang waktu makan.

2. Makan porsi kecil tapi sering
Jika melewati waktu makan, ada kemungkinan Anda akan makan berlebihan di waktu makan berikutnya. Makan dalam interval kecil, misal setiap 2 hingga 3 jam sekali, karena akan membantu Anda tidak merasa terlalu lapar pada waktu makan. Juga, makan dengan porsi kecil tetapi sering akan membuat tubuh tetap aktif membakar beberapa kalori tambahan.

3. Makan sepiring salad 10 menit sebelum makanan utama
Makan salad sebelum makan makanan utama akan membuat Anda cepat kenyang setelah makan. Jika Anda bosan mengunyah salad, Anda bisa memiliki sayur yang berkaldu.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, makan buatlah perubahan kecil dengan cara makan Anda. Makanlah dengan piring berukuran kecil dan jangan makan di depan televisi.

Kesimpulan ini didapat berdasarkan penelitian yang dilakukan America's Cornell University. Menurut studi baru tersebut, makan menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu menurunkan berat badan 2 pound atau 0,9 kg per bulan.

Saat menghabiskan makanan yang ada di piring, otak akan mengirimkan sinyal bahwa perut sudah kenyang. Jadi makan di piring yang lebih kecil akan memberi isyarat visual ke otak bahwa Anda sudah kenyang dengan sepiring penuh makanan.

5. Pilih buah utuh ketimbang jus
Buah yang masih utuh berisi air dan serat lebih banyak yang dapat membuat Anda merasa lebih kenyang ketimbang memiliki buah yang sudah dijus.

6. Makan makanan berserat tinggi
Beberapa makanan tinggi serat akan memberikan rasa kenyang lebih cepat, meskipun memasok tubuh dengan kalori 20 persen lebih sedikit dari makanan serat rendah.

Makanan tinggi serat contohnya biji-bijian seperti gandum, produk gandum, beras merah, buah-buahan seperti jeruk, apel, pir, jambu biji, lemon, jeruk, buah, buah delima; dan sayuran seperti bayam, brokoli, kubis, asparagus, paprika, wortel dan labu.
Merry Wahyuningsih - detikHealth





No comments:

Post a Comment