Thursday, December 26, 2013

Ini Dia Daftar Vitamin yang Penting Dipenuhi oleh Ibu Menyusui


Foto : Thinkstock/http://images.detik.com/content/2013/12/26/764/110413_080914_mombaby4ts.jpg

Jakarta, Sama seperti saat hamil, pemenuhan nutrisi dan vitamin juga penting dilakukan saat sedang dalam proses menyusui. Diet seimbang ini tak hanya penting untuk bayi Anda, tetapi juga untuk menjaga tubuh Anda sendiri tetap sehat dan bugar.

Berikut daftar vitamin yang penting untuk ibu menyusui, seperti dikutip dariBoldsky, Kamis (26/12/2013):

1. Vitamin D
Di antara daftar vitamin yang harus dipenuhi oleh wanita selagi menyusui, vitamin D memiliki peran penting. Dianjurkan untuk selalu memenuhi asupan vitamin D setiap hari. Misalnya dari minyak hati ikan cod, jamur, kedelai, susu, udang, ikan tuna, sereal, keju, ikan salmon, dan tahu. Tak hanya dari konsumsi makanan, usahakan juga untuk mendapatkan vitamin D alami dari paparan sinar matahari.

2. Vitamin C
Vitamin C bisa didapatkan dari beberapa pilihan makanan seperti pepaya, paprika merah, brokoli, kubis, stroberi, kiwi, blewah, dan jambu biji. Jika dirasa masih kurang, Anda bisa mengonsumsi suplemen multivitamin yang mengandung vitamin C.

3. Folat
Folat juga sangat penting untuk selalu dipenuhi selama masa kehamilan dan menyusui. Folat atau vitamin B9 dapat Anda peroleh dari alpukat, pepaya, jeruk, stroberi, kentang, jagung, bayam, asparagus, brokoli, kembang kol, wortel, roti, kacang hijau, dan hati sapi.

4. Vitamin E
Jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan vitamin yang satu ini. Vitamin E banyak terdapat pada bayam, kacang almond, sawi, brokoli, talas, dan paprika merah.

5. Vitamin A
Dalam produksi ASI, vitamin A memiliki peran yang cukup penting sehingga harus dipenuhi setiap hari. Dapatkan vitamin A dari beberapa asupan seperti hati sapi, wortel, brokoli, ubi jalar, kangkung, bayam, labu, melon, telur, pepaya, dan mangga.

6. Vitamin B6
The Recommended Dietary Intake (RDA) atau angka kecukupan dari vitamin B6 untuk wanita menyusui adalah 2 mg per hari. Oleh sebab itu, masukkan beberapa bahan makanan seperti pisang, alpukat, tomat, melon, semangka, bayam, kentang, sawi, brokoli, ikan tuna, dan kacang-kacangan dalam diet sehari-hari Anda untuk memenuhinya.

7. Vitamin B2
Vitamin B2 yang juga dikenal dengan riboflavin harus dipenuhi oleh ibu menyusui untuk memproduksi ASI yang berkualitas baik. Hal ini dapat ditemukan dalam makanan tertentu seperti susu, daging, jamur, bayam, tomat, kacang kedelai, brokoli, hati, ikan salmon, telur, dan sayuran hijau lain.

8. Vitamin B12
Kadar vitamin B12 dalam ASI berhubungan dengan asupan ibu akan vitamin itu sendiri. Oleh sebab itu, dianjurkan pada ibu menyusui vegetarian atau yang berada pada risiko kekurangan vitamin B12 untuk selalu memenuhinya. Sumber vitamin B12 yang baik di antaranya tiram, kerang, kepiting, ikan salmon, daging sapi, ikan kakap, telur, keju, susu, yoghurt, udang, dan tempe.

9. Vitamin B1
Meskipun disebutkan terakhir, bukan berarti manfaat vitamin B1 atau thiamin ini tak penting. Pemenuhan vitamin ini akan membantu ibu dan bayi tetap sehat selama masa menyusui. Vitamin B1 bisa didapatkan dari jeruk, anggur, semangka, bayam, terung, paprika, brokoli, wortel, kacang hijau, daging, ikan, telur, sereal, dan gandum.

Ratna Wulandari - detikHealth

http://health.detik.com/read/2013/12/26/110108/2451618/764/2/ini-dia-daftar-vitamin-yang-penting-dipenuhi-oleh-ibu-menyusui












No comments:

Post a Comment