Tuesday, December 31, 2013

Kegiatan Menyenangkan di Rumah untuk Hilangkan Stres




KOMPAS.com – Stres yang tidak terkontrol dapat membuat hidup Anda terasa tidak bahagia, bahkan bisa mengundang berbagai penyakit. Itu sebabnya kita jangan mau terikat stres berkepanjangan. Banyak cara bisa kita lakukan untuk melepaskan diri dari stres secara mudah, bahkan sebagian besar dapat kita lakukan di rumah.
Pergi nonton film
Menonton film favorit dapat menjadi hiburan yang menyenangkan, apalagi jika pemainnya adalah bintang-bintang idola kita. Di akhir tahun seperti ini biasanya banyak film-film unggulan di bioskop. Saatnya melepaskan diri sejenak dari stres dengan nonton.
Pergi olahraga
Menurut beberapa penelitian olahraga akan  meningkatkan senyawa kimia di otak diantaranya  hormon serotonin, dopamin, dan endorphin. Hormon-hormon tersebut akan menimbulkan perasaan rileks dan nyaman.
Membersihkan rumah
Melihat kondisi rumah berantakan akan membuat stres bertambah. Karenanya, gunakan waktu luang untuk mulai menata dan membereskan rumah. Rumah yang bersih dan rapi akan membuat hati lebih nyaman.
Tidur cukup
Stres kerap kali membuat Anda menjadi kurang tidur. Padahal, kurang tidur merupakan pemicu berbagai kondisi buruk bagi tubuh. Cobalah lakukan berbagai kegiatan rileksasi yang akan membuat tubuh lelah sehingga kantuk lebih cepat datang. Cukup tidur juga akan membantu pikiran lebih fokus dan kita lebih mampu berpikir jernih untuk menguraikan masalah.
Mendengar musik
Semua jenis musik memang dapat membuat hati lebih riang, terutama musik yang memiliki tempo lambat seperti musik klasik.  Jenis musik ini diketahui dapat memperlambat denyut nadi dan detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kadar hormon stres.

http://female.kompas.com/read/2013/12/28/1505433/Kegiatan.Menyenangkan.di.Rumah.untuk.Hilangkan.Stres

Sumber :

Penulis :
K. Wahyu Utami
Editor :
Lusia Kus Anna













No comments:

Post a Comment