Thursday, June 12, 2014

Tidak Makan Daging Bisa Terhindar dari Kanker, Mitos atau Fakta?

img
Foto : Thinkstock

Jakarta - Apa tujuan seseorang menjadi vegetarian? Kebanyakan orang menghindari makan daging dan beralih ke sayuran untuk mendapatkan hidup yang sehat. Salah satunya untuk terhindari dari penyakit kanker.

Sejumlah pendapat memang menyatakan bahwa konsumsi sayuran dan buah, atau bahan-bahan lain yang berasal dari nabati lebih sehat ketimbang hewani. Tapi benarkah tidak makan daging sama sekali bisa mencegah kanker?

Menurut Ketua Cancer Council Australia Kathy Chapman, diet berbabis nabati seperti buah, sayuran dan gandum utuh memang bisa melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker tertentu. Namun belum ada bukti pasti bahwa menghindari semua makanan yang terbuat dari daging akan mengurangi risiko terkena kanker.

"Kami di Cancer Council jelas menyarankan orang untuk banyak makan buah dan sayuran. Jika Anda ingin menjalani diet vegetarian maka Anda harus memastikan bahan-bahannya memang sehat. Tapi jika tujuannya untuk menurunkan risiko kanker, itu tidak selalu," terang Kathy yang juga anggota komite nutrisi dan aktivitas fisik Australia, seperti dikutip dari ABC Australia.

Jika tujuannya untuk hidup sehat maka mengonsumsi banyak sayur dan buah adalah hal yang tepat. Namun sekali lagi Kathy menegaskan, bukan berarti Anda harus menghilangkan sama sekali konsumsi daging demi terhindar dari kanker.

Para peneliti telah memperkirakan bahwa diet tidak sehat adalah salah satu dari 10 faktor penyebab kanker. Tapi tidak selalu makan daging berarti Anda sudah menjalani diet yang berisiko.

Kathy kembali menjelaskan, memang ada bukti yang menunjukkan bahwa buah dan sayur bisa melindungi Anda dari beberapa jenis kanker tertentu. Seperti kanker mulut dan leher, kanker perut dan kanker usus.

Sebuah studi bahkan menemukan bahwa orang yang paling banyak makan buah dan sayur, risiko terkena kanker mulut berkurang hingga 22 persen ketimbang mereka yang sangat sedikit makan sayuran.

Sementara itu orang yang terlalu banyak makan daging, terutama daging merah olahan seperti sosis, salami dan bacon sangat rentan terkena kanker usus. Namun sangat sedikit bukti yang menunjukkan kalau mengonsumsi daging ayam, ikan atau seafood akan meningkatkan risiko kanker. 

UK World Cancer Research Fund and Australian merekomendasikan jumlah aman mengonsumsi daging maksimal 500 gram (well done) atau 750 gram (rare) per minggu untuk menjaga kesehatan.

Namun bagi Anda yang memang bersikukuh ingin menjadi vegetarian atau vegan demi terhindari dari kanker, Kathy mengatakan ada beberapa jenis sayur dan buah yang memang bisa mencegah datangnya kanker kronis. Bawang merah dan daun bawang telah terbukti bisa melindungi dari kanker perut. Sedangkan sayuran semacam kol, brokolo dan Brussel sprout (kecambah) baik mencegah kanker usus.

Ada pula sejumlah buah dan sayur yang lebih efektif mencegah kanker jika konsumsinya dikombinasikan karena mengandung antioksidan atau zat pelawan kanker yang berbeda. Tomat, wortel dan sayur/buah lain yang kaya akan beta-karoten memiliki antioksidan yang berbeda dengan buah berry, atau citrus. 

Maka disarankan Anda mengonsumsi sayur dan buah berbagai warna untuk memenuhi fungsi antioksidan yang beraneka ragam, sehingga daya tahan tubuh terhadap radikal bebas penyebab kanker bekerja lebih optimal.

Hestianingsih - wolipop

http://wolipop.detik.com/read/2014/06/10/074738/2603693/1135/2/tidak-makan-daging-bisa-terhindar-dari-kanker-mitos-atau-fakta

(hst/aln)


No comments:

Post a Comment