Friday, June 6, 2014

Khasiat Utama Vitamin C untuk Kecantikan Kulit

img
Foto : Do.thinkstock

Jakarta - Tak hanya memelihara kesehatan, vitamin C juga berkhasiat merawat kecantikan kulit. Hal itu tak terlepas dari kandungan antioksidan yang tinggi pada vitamin C, yang bisa melawan radikal bebas penyebab penuaan dan kerusakan kulit, serta membuat kulit tampak lebih muda.

Efek antioksidan ini membantu melindungi kulit dan efek merusak dari radiasi ultraviolet dan paparan sinar matahari seharian. Tubuh juga membutuhkan vitamin C untuk mengganti jaringan kulit yang rusak akibat luka tersayat atau lecet sehingga membantu mempercepat proses penyembuhan luka. 

"Vitamin C merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas, meningkatkan sistem imun dan mencegah berbagai penyakit, serta membentuk kolagen," jelas pakar nutrisi Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, Sp.GK.

Ya, vitamin C yang juga dikenal dengan nama ascorbic acid merupakan kunci dari produksi kolagen di dalam tubuh. Kolagen merupakan salah satu protein yang menyusun tubuh manusia mulai dari tulang, otot dan dan jaringan pengikat sendi. 

Kolagen terdiri dari 28 jenis dan beberapa tipe kolagen memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam penyusunan struktur jaringan tubuh manusia. Kolagen tipe I dan tipe III, adalah protein yang paling bagus efeknya terhadap kulit. Fungsinya menjaga kekencangan serta ketahanan kulit. Kolagen tipe III misalnya, bermanfaat membuat kulit pada wanita menjadi sangat lembut di usia muda. 

Untuk menjaga kulit tetap cantik lebih lama, Anda perlu memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya. Rekomendasi dari National Institute of Health di Amerika, wanita normal rata-rata membutuhkan sekitar 75 mg vitamin C.

Jika ingin hasilnya lebih maksimal, vitamin C bisa dikonsumsi hingga 500 mg per hari, namun sebaiknya tidak lebih dari itu. Kelebihan vitamin C di dalam tubuh nantinya akan dikeluarkan lewat urin, jadi sebanyak apapun dosis vitamin C yang Anda asup, yang bisa diserap tubuh hanya sebagian kecil sedangkan sisanya hanya sia-sia.

Hestianingsih - wolipop

(hst/hst)



No comments:

Post a Comment