Thursday, October 9, 2014

Hati-hati Dengan 5 Hal yang Bisa Menyakiti Payudara Wanita


Foto : Shutterstock


KOMPAS.com – Penampilan yang cantik tak hanya sedap dipandang tapi juga mesti sehat, terutama bagian organ feminin. Salah satu yang jangan sampai luput untuk dirawat, tentu saja payudara Anda.
Selain makanan dan gaya hidup, ada beberapa kebiasaan yang dapat menyakiti payudara, mulai dari makanan sampai dengan pilihan bra. Berikut uraian lengkapnya.
1.Hormon tak seimbang
Umumnya saat siklus menstruasi, kehamilan, atau menopause, merupakan periode maksimum perubahan hormonal pada perempuan. Kekurangan hormon estrogen pada masa ini dapat menyebabkan sakit pada payudara. Stres juga menjadi salah satu penyebabnya.
2. Bra terlalu kencang
Ukuran bra yang terlalu sempit membuat payudara susah bernafas karena terbatasnya udara di area dada. Kondisi ini bila terjadi secara terus meneurs dapat menyebabkan nyeri pada tulang sekitar payudara. Maka dari itu, berikan sedikit ruang untuk payudara dengan mengatur ukuran bra agak lebih longgar.
3. Lalai mengenakan bra saat berolahraga
Sebelum memulai aktivitas olahraga, ganti bra regular dengan spot bra yang mumpuni. Saat berolahraga, payudara Anda melakukan gerakan lebih banyak dibandingkan aktivitas lainnya. Nah, manfaat mengenakan sport bra ini adalah untuk menopang “aset” Anda dari gerakan berlebih yang dapat membuat ligmen sekitar payudara mengendur. Selain itu, berolahraga tanpa bra yang mendukung dapat membuat payudara mengalami linu dan kram.
4. Terlalu sering minum kopi
Wanita penggemar kopi lebih sering terkena nyeri payudara, ini dikarenakan kandungan kafein yang berlebihan dapat membuat otot sekitar dada mengencang.
5. Efek samping
Sejumlah obat yang beredar di pasaran memiliki efek samping meningkatkan hormon estrogen yang dapat membuat rasa nyeri pada payudara. Maka dari itu sebelum terburu-buru mengonsumsi obat bebas, biasakan untuk berkonsultasi pada dokter atau apoteker yang bertugas.


Sumber :

Penulis :
Silvita Agmasari
Editor :
Syafrina Syaaf

No comments:

Post a Comment