Thursday, October 16, 2014

Mencerahkan Kulit dengan Perawatan Lemon

img
Foto : dok.Thinkstock

Jakarta - Serangkaian zat yang ada di dalam lemon memang bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Dari mitos yang berkembang, banyak saran yang mengatakan bahwa lebih efektif menggunakan lemon asli yang digosok pada kulit dibanding menggunakan produk kecantikan yang sudah mengandung lemon. Benarkah?

Meski perawatan dengan lemon atau jeruk nipis sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang terdahulu, namun sebenarnya lemon tidak begitu disarankan jika digosok langsung pada kulit. Menurut dr. Gloria Novelita, SpKK, penggunaan lemon pada kulit bisa berdampak pada iritasi.

"Lemon mengandung Vitamin C untuk mencerahkan, namun lemon yang beredar di pasaran pH-nya sangat rendah. Yang kita butuhkan sebenarnya hanya ekstraknya. Dengan pH yang sangat rendah, maka terlalu iritatif apalagi untuk kulit ketiak yang tipis, habis bercukur itu semakin iritasi," ujar dokter kulit yang berpraktek di klinik Beyoutiful saat ditemui di acara Nivea Skinovation di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta, Selasa (14/10/2014).

Asam dari lemon bisa membuat kulit jadi perih, kemerahan gatal dan terluka. Apalagi bagi pemilik kulit sensitif atau kulitnya sedang terluka, perawatan kecantikan dengan lemon malah memberikan efek buruk bagi kulit. 

Dokter Gloria menambahkan, sebenarnya boleh saja melakukan perawatan dengan bahan alami dengan lemon, asalkan memastikan kulit dalam keadaan sehat dan tidak memiliki luka. Untuk amannya, sebaiknya Anda melakukan tes kulit terlebih dahalu sebelum mencoba perawatan dengan buah berwarna kuning tersebut.

"Bila ingin menggunakan bahan-bahan bebas seperti lemon kita bisa coba diteteskan sedikit saja pada kulit. Kalau setelah 15 menit tidak ada keluhan, boleh dioleskan seluruhnya. Tapi sebaiknya di-stop kalau ada luka sedikit saja. Itu harus dihindari karena akan terjadi iritan. Jadi hanya boleh digunakan pada kulit-kulit yang sehat dan tidak terluka," saran dokter lulusan Universitas Indonesia itu.

Agar terhindar dari efek samping tersebut, sebaiknya gunakan lemon yang sudah diolah seperti yang ada di dalam produk-produk perawatan kulit. Selain lebih mudah dan ringkas, lemon yang ada dalam produk skin care ternyata lebih efektif dibanding langsung menggunakan buah tersebut.

"Untuk mendapatkan efektivitas sebenarnya kita juga butuh konsentrasi, jadi yang sulit adalah kalau kita menggunakan bahan alami bagaimana kita mendapatkan konsentrasi yang cukup tanpa efek samping. Karena seringkali kalau kita pakai banyak bahan alami, efek sampingnya juga banyak. Makanya dalam industri skin care yang digunakan hanya ekstraknya saja karena cukup aman dan efisien," tambah dr. Gloria.

Kiki Oktaviani - wolipop






No comments:

Post a Comment