Monday, September 1, 2014

Cara Mudah Tampil Menarik, Makan Buah dan Sayur


Foto : Thinkstock

Nottingham, Inggris, Kegemaran mengonsumsi sayur dan buah memang harus dipupuk sejak kecil. Bukan semata karena sehat, tapi tak banyak yang tahu kalau kebiasaan makan buah dan sayur dapat membuat penampilan seseorang terlihat makin menarik. Bagaimana bisa?

Sebuah penelitian dari University of Nottingham membuktikan bahwa konsumsi lima porsi buah dan sayur dalam sehari benar-benar bisa membuat kulit berbinar dan tampak sehat. Bahkan efeknya jauh lebih kuat daripada berjemur di bawah sinar matahari (sun tanning).

"Perubahan warna kulit memang bisa muncul karena dua proses: melalui tanning (melanisasi) atau asimilasi buah dan sayur. Kita biasa menyebutkan 'carotenoid coloration'," kata peneliti seperti dikutip dari NY Daily News, Minggu (31/8/2014).

Peneliti pun telah memastikan simpulan tersebut dengan menggelar tiga riset sekaligus secara online. Di dua riset pertama, peneliti meminta 60 responden untuk memilih dari 27 gambar wajah yang mereka perlihatkan, mana yang lebih atraktif atau enak dilihat.

Ke-27 gambar wajah tersebut memperlihatkan warna kulit yang berbeda-beda. Ada yang berubah karena berjemur atau karena mengonsumsi buah dan sayur.

Hasilnya cukup mencengangkan, karena 86 persen responden cenderung memilih foto wajah yang warna kulitnya 'berubah' berkat diet buah dan sayur. Sedangkan yang memilih wajah melanin mencapai 78,5 persen.

Di studi ketiga, preferensi terbesar responden juga ada pada kulit wajah hasil makan buah dan sayur atau 'carotenoid coloration'.

Meski buah dan sayur sangat bermanfaat bagi kesehatan, kesadaran masyarakat di Indonesia untuk mengonsumsi buah dan sayur juga bisa dikatakan masih rendah.

Data Riskesdas tahun 2007 menunjukkan bahwa 93,6 persen orang Indonesia kurang makan buah dan sayur. Sementara itu data Susenas tahun 2012 menunjukkan bahwa orang Indonesia hanya menghabiskan Rp 19 ribu per bulan untuk membeli buah.

"Kebutuhan serat per hari kita juga normalnya 20 sampai 30 gram, tapi dengan data seperti itu, menunjukkan bahwa rata-rata konsumsi serat masyarakat Indonesia hanya 10 gram per hari," kata dokter pemerhati gaya hidup, dr Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt. kepada detikHealth baru-baru ini.

Untuk itu dr Grace menegaskan, masyarakat Indonesia harus lebih sadar lagi tentang pentingnya serat dan sayur. Selain itu, bagi orang tua, mulailah mengenalkan buah dan sayur pada putra putrinya agar mereka terbiasa mengonsumsi buah serta sayur saat dewasa sehingga kebutuhan seratnya tercukupi.

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth

http://health.detik.com/read/2014/08/31/145941/2677136/763/2/cara-mudah-tampil-menarik-makan-buah-dan-sayur

(lil/up)




No comments:

Post a Comment