Sunday, September 7, 2014

Badan Ramping dan Kulit Cerah dengan Ngemil Jambu Biji



Foto : Thinkstock


Jakarta - Jambu biji memang kaya akan antioksidan dan vitamin yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Dengan rutin mengonsumsi buah ini, tubuh akan tetap fit. Selain enak dimakan segar, jambu biji juga bisa diolah jadismoothie.

Rasanya manis renyah dengan sedikit biji. Jambu yang wangi ini punya khasiat untuk menjaga tubuh sehat.

1. Optimalkan penyerapan zat besi
Jambu biji mengandung vitamin E, K, niasin, folat, asam pantotenat, vitamin B6 dan juga beberapa mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium yang berperan dalam pembentukan darah. Jambu biji juga dikenal mengandung vitamin C yang dapat membantu proses penyerapan zat besi di dalam darah. 

2. Sehatkan kulit
Jambu biji kaya akan vitamin A, dimana vitamin ini dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Jambu biji juga kaya akan antioksidan yang dapat membuat kulit terlihat lebih cerah.

3. Cegah penuaan dini
Sebagian besar penuaan disebabkan karena faktor peningkatan usia. Akan tetapi polusi, radiasi ultraviolet dan asap dapat mempercepat proses penuaan didalam tubuh. Penyebab utama penuaan adalah radikal bebas yang diproduksi dalam tubuh akibat stres oksidatif yang tinggi disebabkan karena polusi. Antioksidan terbukti menghancurkan radikal bebas. Jambu biji merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan sehingga dapat mencegah penuaan dini secara alami.

4. Anti inflamasi
Jambu biji memiliki sifat anti inflamasi dan anti tumor. Jambu biji mengandung komponen penting yaitulycopene yang biasanya ditemukan dalam tomat.Lycopene merupakan sebuah phytonutrisi karotenoid yang paling efektif untuk melawan tumor.

5. Tingkatkan imunitas
Jambu biji merupakan salah satu makanan yang kaya akan antioksidan dan vitamin. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan tingkatkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

6. Tingkatkan kesehatan mata
Jambu biji mengandung vitamin A yang merupakan antioksidan untuk melindungi mata dari radikal bebas. Vitamin A juga efektif untuk mencegah kerusakan retina yang disebabkan karena radikal bebas sehingga melindungi mata dari katarak atau degenerasi makula.

7. Cegah sariawan
Jambu biji mengandung 2 kali lebih tinggi dari jeruk. Agar tak sering sariawan sebaiknya konsumsi jambu biji secara rutin. Anda dapat mengonsumsi jambu biji dengan segar atau berbentuk smoothies.

8. Jaga berat badan
Jika sedang melakukan penurunan berat badan. Jambu biji dapat dipilih sebagai alternatif camilan yang mengenyangkan. Selain rendah gula, jambu biji juga tinggi akan serat sehingga dapat menekan nafsu makan yang berlebihan.

Lusiana Mustinda - detikFood




No comments:

Post a Comment