Wednesday, January 30, 2013

Latihan Kardio Saja Tak Menghilangkan Lemak




SHUTTERSTOCK


KOMPAS.com - Ketika Anda sudah menikmati begitu banyak makanan, misalnya sehabis liburan atau menghadiri acara ulang tahun kantor, Anda disarankan untuk menghilangkan energi yang masuk. Caranya dengan melakukan olahraga yang dapat membakar kalori.
Salah satu cara populer melakukannya adalah dengan latihan kardio. Entah itu dengan berlari, berjalan kaki, bersepeda, atau aerobik. Anda tinggal memilih mana yang Anda suka. Selain bisa membakar kalori, latihan kardio juga baik untuk melatih otot jantung.
Namun jika tujuan Anda untuk membakar lemak yang menumpuk di bagian-bagian tertentu, sebaiknya Anda tidak hanya mengandalkan latihan kardio saja.
“Riset menunjukkan bahwa sulit untuk menghilangkan lemak ketika yang Anda lakukan hanya latihan kardiovaskular," papar Jeff Halevy, pelatih pribadi dan CEO dari Halevy Life, perusahaan layanan kebugaran dan kesehatan di New York City.
Menurutnya, meskipun latihan aerobik akan membakar kalori, aktivitas ini tidak benar-benar mengubah sistem metabolisme Anda. Yang dilakukannya adalah mengencangkan massa otot.
“Otot membantu Anda untuk membakar lebih banyak kalori meeskipun latihan Anda sudah berakhir," tambah Halevy.
Semakin kencang massa otot yang Anda miliki, semakin tinggi tingkat metabolik atau tingkat normal kalori yang Anda bakar dalam sehari, demikian menurut Wayne Westcott, PhD, Direktur Penelitian Kebugaran di Quincy College, Quincy, Massachusetts. Perempuan umumnya kehilangan 2,5 - 3,5 kilogram otot dalam setiap dekade usia dewasa. Itu sebabnya mengapa berat badan kita malah merayap naik saat usia kita bertambah.
Penelitian Westcott juga menunjukkan, jika Anda melakukan latihan kekuatan tiga kali seminggu, otot Anda bisa bertambah rata-rata 1,5 kilogram dalam sekitar tiga bulan. Dengan demikian, metabolisme Anda juga meningkat 6-7 persen.
Tips: Tetap lakukan latihan kardio tiga kali seminggu, lalu tambahkan latihan kekuatan dua atau tiga kali. Pasang target latihan pada seluruh otot utama sepanjang minggu, lengkapi dengan satu sampai dua set latihan yang terdiri atas 8-12 repetisi setiap latihan.


Sumber: realsimple
Editor :
Dini

No comments:

Post a Comment